Semangat Belajar Agama Islam Anak Anak Dusun Pesisir Timur




Dusun pesisir timur merupakan salah satu dusun yang terletak di desa Dharma Camplong  Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang. Masyarakat di dusun pesisir timur termasuk masyarakat yang Agamis, hal ini terbukti dari penanaman nilai – nilai Agama sejak dini. Pendidikan Agama Islam sejak dini sangat penting ditanamkan pada anak usia dini karena sangat berperan penting untuk pembentukan karakter dan kepribadian yang baik bagi anak. Anak-anak kecil di dusun pesisir timur mempunyai semangat yang tinggi untuk belajar tentang Agama, meskipun di era globalisasi ini banyak anak - anak kecil yang malas untuk belajar agama namun di dusun pesisir timur ini berbeda, anak-anak disini tidak terlena dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang. Mereka tahu kapan waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain.

 Selain mendapatkan pendidikan Agama Islam dari orang tua,  anak- anak di dusun pesisir timur juga belajar tentang Agama islam di Salah satu Musholla yang ada di dusun pesisir timur yaitu musholla AS-SUNNAH yang di kelola oleh bapak Kyai Sahlan. Di Musholla ini Kegiatan yang dilakukan tidak hanya diisi dengan mengaji saja tetapi juga diisi dengan kegiatan lain seperti Sholawat, Diba’ dan Qiro ah, pada hari senin sampai selasa anak- anak mengaji Iqro dan Al –quran, sedangkan hari rabu belajar Qiroah, dan hari kamis Sholawat, Jumat mengaji Al- quran dan Iqro, sabtu diisi dengan pembacaan Diba’ bersama –sama dan minggu mengaji seperti biasanya. Pengajar di musholla tersebut terdapat tiga orang yaitu Bapak  Kyai Sahlan, Ustad Abu, dan Mbak Imamah. Kegiatan mengaji dimulai sehabis sholat magrib dan berakhir saat adzan isya dikumandangkan. 



 Anak- anak yang mengaji di musholla kebanyakan anak dari usia 4 tahun sampai 11 tahun dan rata –rata sedang bersekolah TK, SD, dan SMP. Jumlah Anak- anak di mushola tersebut yaitu laki- laki sekitar 10 anak dan perempuan sekitar 18 anak.  Sebagian dari mereka juga ada yang sudah hafal sebagian dari Juz Amma, dan yang sebagian sudah hafal Juz Amma adalah anak-anak kelas 4 – 6 SD mereka adalah Jihan, Lilis, Rofik, Faiz, Wati, dan Sulton.  Anak –anak yang mengaji di musholla terlihat semangat dan antusias ketika mahasiswa dan mahasiswi dari UTM KKN 95 mengajar ngaji.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.