Petik Laut, Salah Satu Tradisi Masyarakat Pesisir Dharma Camplong Dalam Bersyukur










Petik laut atau disebut dengan Rokat Tase’ merupakan sebuah upacara adat atau ritual sebagai rasa syukur masyakarat kepada Allah SWT atas apa yang telah mereka terima selama ini, dan untuk memohon berkah rezeki dan keselamatan yang dilakukan oleh para nelayan di pesisir kecamatan Camplong, khususnya Desa Dharma Camplong. Umumnya, kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat yang mata pencahariannya sebagai nelayan. Masyarakat pulau madura rutin melaksanakan tradisi petik laut (rokat tase’). Ritual rokat tase’ memiliki ciri khas dan keunikan sendiri pada masing-masing daerah yang ada di madura.
Pagelaran acara tradisional Petik Laut tersebut di sambut dengan meriah, terbukti dengan antusiasnya warga sekitar yang mengikuti serta menonton jalannya karnaval sepanjang jalan Raya Camplong, acara pawai tersebut start dari Dsn. Slabayan, Dsn. Sejati sampai ke Dsn. Lengser, Dsn. Dharma Camplong dan disertai dengan kemeriahan tari-tarian juga berbagai macam hiasan serta iringan musik tradisional yang dilakukan oleh para peserta pawai. Dalam Kegiatan acara petik laut tersebut juga di hadiri oleh para tokoh masyarakat, kapolsek, Danramil dan juga Camat Camplong beserta staffnya.

Tradisi petik laut (rokat tase’) merupakan tradisi turun temurun para leluhur nenek moyang yang diyakini oleh masyarakat terutama nelayan dapat membawa keselamatan dan memperoleh hasil tangkapan ikan yang melimpah. Acara petik laut ini biasanya dilakukan lebih dari sehari karena terdapat bayak hiburan yang digelar untuk memeriahkan acara rokat tase’ tersebut. Perayaan rokat tase’ ini biasanya ditutup dengan mengarak kepala sapi dan kambing yang diikuti oleh masyarakat terutama nelayan untuk dilarungkan di laut, dan setelah acara tersebut akan diadakan pengajian besar-besaran oleh masyarakat dengan menghadirkan beberapa tokoh ulama terkenal yang berada di Jawa Timur.
Acara petik laut (rokat tase’) ini bersumber dari swadaya masyarakat yang antusias dengan adanya perayaan tahunan ini. Kepala desa Dharma camplong juga berharap dengan adanya acara tahunan rokat tase’ ini bisa memotivasi masyarakat agar lebih giat melaut dan bisa mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.