Pembuatan Papan Nama Dusun oleh KKN 95 UTM



Sampang - Papan nama merupakan sebuah tanda nama untuk mengetahui suatu tempat atau lokasi tertentu sehingga mudah dikenali oleh orang yang melihat papan nama dusun tersebut, selain sebagai tanda pengenal papan nama juga bermanfaat untuk memperindah desa. Tanpa adanya papan nama maka orang-orang aka sulit untuk mengenali/mencari tempat yang akan dituju. Meskipun ada papan selamat datang dan selamat jalan masih belum dikatakan efektif tanpa adanya nama papan dusun. Dari latar belakang tersebut dipandang perlu untuk mengadakan program kerja pembuatan plang nama dusun sehingga orang lebih mudah mencari tempat yang akan dituju.
Ketika orang baru masuk ke daerah Dharma Camplong pasti mereka aka merasa kesulitan untuk mengetahui letak dusun-dusun yang ada di desa Dharma Camplong. Untuk itu KKN 95 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) merencanakan untuk membuat plang dusun. Pembuatan plang dusun direncanakan ada 7 titik yaitu : dusun karangloh, dusun lengser, dusun poteran, dusun lorloran, dusun dharma, dusun pesisir barat, dan dusun pesisir timur. Maksud dan tujuan dari pembuatan papan nama dusun adalah untuk memberikan informasi kepada orang yang ingin mengetahui lokasi masuk kawasan Desa Dharma Camplong sampai batas akhir desa Dharma Camplong.
Pelaksanaan pembuatan plang dusun di lakukan pada hari Senin dan Selasa tanggal 30-31 Juli 2018 mulai pukul 09.00 sampai selesai. Peralatan yang dibutuhkan waktu pembuatan plang dusun adalah linggis, cat, papan, kuas, dan paku. Semua berjalan dengan lancer dan pembuatan plang Dusun dilakukan secara bersama dengan KKN Unira.
Pasca kegiatan pembuatan plang dusun, kami merasa senang dan bangga telah memberikan contoh pembuatan plang dusun pada desa Dharma Camplong yang nantinya diharapkan dapat diteruskan oleh masyarakat sendiri untuk membuat dan memasang plang pada jalan lainnya yang belum ada. Kegiatan ini telah memberikan efek positif berupa kemudahan dalam menemukan alamat atau tempat sebagai hasil dari dibuatnya plang dusun. (AEDA)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.