DHARMA CAMPLONG & TEMBAKAU



Desa Dharma Camplong merupakan salah satu desa terluas di Kecamatan Camplong. Dharma Camplong memiliki 7 dusun, lima dusun diantaranya memiliki potensi dalam sektor pertanian. 

Musim kemarau adalah musim yang cocok untuk menanam tembakau. Hampir 60 % persen lahan pertanian warga dharma camplong ditanami Tembakau. Tembakau memiliki masa tanam 3-4 bulan. Perawatan tembakau  sendiri memerlukan perhatian  yang lebih, sama halnya merawat anak bayi (balita) yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus supaya mendapatkan hasil yang maksimal.   Proses perawatan tembakau seperti penyiraman, pembersihan rumput pembununan tembakau (bongkar) , pemberian pupuk dan pestisida.
 

Proses penyimaran tembakau sendiri dilakukan 1 hari satu kali dengan jumlah air yang pas. Musuh bebuyutan dari tumbuhan tembakau adalah hama yang bertipe mulut pengisap seperti  kepik, ulat, campung bubuk (bewarna putih) dll yang membuat tumbuhan tembakau mengidap penyakit kekuningan dalam daun, dan tidak dapat bertumbuh besar.

Demi memberikan perlindungan terhadap  musuh alami tembakau, petani Dharma Camplong masih menggunakan pestisida kimia untuk membunuh hama. Jika diteliti, dalam jangka panjang banyak sekali dampak negatif yang berimbas terhadap tembakau itu sendiri serta dapat  membuat tanah menjadi tandus dan tidak subur . Hal inilah yang masih menjadi masalah bagi petani tembakau dharma camplong . Petani tembakau Dharma Camplong membutuhkan  pestisida yang memberikan hasil maksimal,  ramah lingkungan serta harga terjangkau. (MKZ)



1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.